• Jumat, 7 Oktober 2022

Pemerintah Bagikan Token Listrik Gratis, Pastikan Anda Terdaftar di DTKS Kemensos Biar Kebagian

- Jumat, 23 September 2022 | 20:14 WIB
Ilustasi, Token Listrik 450 VA (FB Token)
Ilustasi, Token Listrik 450 VA (FB Token)

INILAH BANDUNG - BPBL adalah bantuan pemasangan baru listrik bagi rumah tangga tidak mampu.

Bantuan tersebut yang meliputi instalasi tenaga listrik dan biaya pemasangannya, biaya sertifikasi laik operasi, biaya penyambungan baru ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), dan pengisian token listrik perdana.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu yang ditandatangani Arifin Tasrif pada 21 Januari 2022.

Baca Juga: Wagub Jabar Sambangi Undang yang Rumahnya Dirobohkan Rentenir, Sembari Beri Bantuan

Para penerima bantuan pemasangan listrik baru merupakan rumah tangga yang belum tercatat sebagai pelanggan PT PLN (Persero) dan berdomisili di daerah yang telah tersedia jaringan tenaga listrik tegangan rendah PT PLN (Persero) tanpa dilakukan perluasan jaringan.

Selain itu, penerima juga harus sudah terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ditetapkan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial, berdomisili di daerah 3T, dan/atau berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat yang setingkat layak menerima BPBL.

Baca Juga: Syeikh Alatas Habis Kesabaran, Ini 3 Peringatan untuk Tasya Farasya!

Seperti diketahui pemerintah melalui Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Komisi VII DPR RI menyepakati untuk meningkatkan jumlah bantuan sambungan listrik baru untuk masyarakat kurang mampu.

Pada tahun 2023 jumlahnya menjadi 83.000 rumah tangga (RT) pada tahun 2023. Jumlah ini meningkat sebanyak 3.000 rumah dari tahun sebelumnya sebanyak 80.000 rumah.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X