• Senin, 5 Desember 2022

Mahfud MD: Insya Allah Malam ini Kapolri Umumkan Tersangka Tragedi Kanjuruhan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 19:07 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo umumkan tersangka dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, malam ini.
Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo umumkan tersangka dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, malam ini.

INILAH BANDUNG- Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal umumkan tersangka dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, malam ini.

Sebelumnya, Mahfud MD memang menjanjikan para tersangka dari tragedi di Stadion Kanjuruhan yang memakan ratusan korban, itu akan segera diumumkan.

Melalui cuitannya di Twitter, Mahfud MD memastikan, malam ini akan ada tersangka yang diumumkan soal tragedi di Stadion Kanjuruhan.

"Insyaallah, malam ini Kapolri akan mengumumkan tersangka pelaku tindak pidana dan Terduga pelanggaran etik dalam tragedi sepak bola Kanjuruhan Malang," kata Mahfud lewat akun Twitter @mohmahfudmd, Kamis 6 September 2022.

Baca Juga: Rizky Billar Mangkir dari Pemeriksaan Polisi Soal Kasus KDRT, Minta Dijadwal Ulang Minggu Depan

Mahfud MD sendiri ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk menginvestigasi tragedi di Stadion Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 lalu.

Di sisi lain, TGIPF sendiri menerima sejumlah masukan dari perwakilan suporter sepak bola seluruh Indonesia mengenai pengusutan tragedi di Stadion Kanjuruhan.

"Hari ini, kami bertemu dengan teman-teman suporter. Ada sangat banyak unek-unek yang mereka sampaikan dan masukan. Nanti, akan didiskusikan dengan tim dan menjadi bahan evaluasi kami sebelum mendapatkan suatu kesimpulan yang akan diumumkan pada saatnya nanti," kata anggota TGIPF Tragedi Kanjuruhan Kurniawan Dwi Yulianto, saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Kemenko Polhukam RI.

Baca Juga: Advokat Bawa Kabur Mobil Pengusaha di Bandung, Berdalih Hadiah dari Perusahaan

Hal tersebut dia sampaikan setelah TGIPF Tragedi Kanjuruhan menerima kunjungan dari sekitar 30 orang perwakilan para suporter sepak bola seluruh Indonesia di Kantor Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI, Jakarta, Kamis.

Adapun masukan-masukan yang disampaikan oleh perwakilan suporter sepak bola Indonesia itu, sebagaimana yang disampaikan oleh suporter Persebaya Surabaya (Bonek) bernama Andie Peci, di antaranya mengenai hal-hal yang perlu dilakukan TGIPF dalam melakukan investigasi terhadap tragedi di Stadion Kanjuruhan.

"Kami ingin tidak hanya diselesaikan, tapi memang harus terang benderang siapa yang harus bertanggung jawab, hukumannya, dan sebagainya. Itu harus segera diputuskan," ujar Andie.

Berikutnya, tambah dia, perwakilan suporter sepak bola Indonesia juga menyampaikan keinginan mereka mengenai perubahan persepakbolaan Indonesia menjadi lebih baik ke depannya.

Baca Juga: Mangkir dari Panggilan Polisi, Rizky Billar Bantah Lakukan KDRT, Kuasa Hukum Sebut Berlebihan

"Kami juga mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya atas tragedi kemanusiaan di Kanjuruhan. Kami berharap pemerintah, dalam hal ini diwakili oleh TGIPF, dapat bekerja lebih serius dan objektif agar semuanya bisa kembali normal," ucap Andie.

Dalam kesempatan yang sama, pengamat olahraga Akmal Marhali yang juga merupakan anggota TGIPF menyampaikan ucapan terima kasih dari TGIPF Tragedi Kanjuruhan kepada para suporter sepak bola Indonesia yang senantiasa memberikan masukan terkait dengan penyelesaian tugas mengusut tragedi tersebut.

Ia pun menyampaikan bahwa TGIPF senantiasa terbuka terhadap beragam masukan, saran, dan kritik dari seluruh pihak mengenai pengusutan tragedi Kanjuruhan.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Jadwal SIM Keliling Garut Kamis 1 Desember 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:00 WIB
X