Sidang Perintangan Penyidikan, Puslabfor Polri Ungkap Ada Upaya Pencabutan Paksa CCTV Sebanyak 26 Kali

- Jumat, 2 Desember 2022 | 08:45 WIB
Kasus perintangan penyidikan, saksi ungkap ada upaya pencabutan paksa CCTV/Antara
Kasus perintangan penyidikan, saksi ungkap ada upaya pencabutan paksa CCTV/Antara

INILAH BANDUNG - Saksi ahli digital forensik dan komputer forensik Puslabfor Polri, Hery Priyanto, hadir sebagai saksi dalam persidangan perkara perintangan penyidikan dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir.

Dalam persidangan, Hery memberikan kesaksian melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti DVR CCTV yang di dalamnya terdapat hardisk. Namun hardisk tersebut tidak dikenal file sistemnya serta tidak ada file di dalamnya.

“Kami lakukan pemeriksaan metode forensik, kami temukan hardisk tersebut tidak dikenali sebagai file sistem, dan tidak terdapat file apapun,” ujar Hery di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 1 Desember 2022.

Baca Juga: Penuhi Panggilan Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan Soal Mediasi, Dewi Perssik: Kuncinya Ada di Mami Saya

Hery mengungkapkan, melalui pemeriksaan lanjutan, pihaknya melakukan analisa log file dan menemukan 300 data sampling dari tanggal 8 Juli hingga 13 Juli 2022, yakni jejak digital berupa abnormal shutdown sebanyak 36 kali.

“Pada tanggal 13 Juli 2022 sebanyak 17 kali. (Tanggal) 12 Juli 2022 sebanyak 7 kali, (tanggal) 10 Juli sebanyak satu kali, dan (tanggal) 8 Juli sebanyak 1 kali,” papar Hery.

Hery menjelaskan, abnormal shutdown merupakan proses mematikan perangkat DVR CCTV yang tidak normal.

Baca Juga: Spanyol Disebut Incar Posisi Runner-Up Grup E untuk Hindari Barzil, Bantahan Luis Enrique : Kami Ingin Menang

“Jika dimatikan secara normal ada log file power off dan on. Apabila kita matikan secara sempurna, maka akan menimbulkan log file power off dan on. Ketika kita menemukan log file abnormal shutdown, maka ada upaya mematikan secara paksa atau tidak prosedural, bisa mati lampu atau dicabut,” jelas Hery.

Halaman:

Editor: Firda Rachmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat! Ada 108 Lembaga Pengelola Zakat Tidak Berizin

Jumat, 27 Januari 2023 | 21:25 WIB

7 Ciri-ciri Pria yang Suka Mempermainkan Hati Wanita

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:10 WIB

Catat! Syarat Buat SIM C1 Mesti Punya SIM C Setahun

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:37 WIB

Polisi Masih Buru Penabrak Mahasiswi di Cianjur

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:31 WIB
X